Jumat, 03 Maret 2017

Gejala Wasir Luar Pada Wanita

gejala wasir luar pada wanita - https://obatwasirambeienluarberdarah.blogspot.co.id
Wasir adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Gejala wasir luar sendiri biasanya ditandai dengan adanya benjolan pada sekitar anus yang keluar setelah BAB atau kelamaan duduk.

Tidak ada perbedaan antara gejala wasir pada wanita ataupun pria. Biasanya ditandai dengan ciri-ciri yang sama persis. Namun, pada wanita biasanya lebih sering terjadi ketika sedang hamil muda ataupun tua.

Gejala yang muncul akibat wasir atau hemoroid pada umumnya ringan. Gejalanya bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Gejala wasir berdarah biasanya dialami oleh penderita wasir dalam (internal). Beberapa orang bahkan tidak menyadari mereka menderita hemoroid karena mereka tidak mengalami gejala sama sekali.

Gejala wasir luar pada wanita ataupun pria dan juga ibu hamil yang sering kali muncul adalah:

  • Pendarahan setelah buang air besar tanpa rasa nyeri. Warna darah akan merah terang.
  • Benjolan tergantung di luar anus yang terasa nyeri dan sensitif. Benjolan ini biasanya didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Kotoran keluar dengan sendirinya melalui anus.
  • Mengalami gatal-gatal atau iritasi, sakit, merah dan bengkak di sekitar anus.
  • Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar.
Hemoroid internal adalah pembengkakan kecil pada pembuluh darah yang ada di bagian atas kanal anus, atau di dinding dalam rektum. Di bagian ini saraf untuk rangsang nyeri sedikit, sehingga penderita hemoroid biasanya tidak menyadari. Tapi bisa juga pembuluh yang membengkak besar hingga menonjol keluar dari anus. Jika sampai keluar dari anus dan ditekan otot kanal anus, kondisi ini bisa sangat menyakitkan. Terlebih lagi, jika aliran darah menuju hemoroid terhenti.

Hemoroid eksternal adalah hemoroid yang muncul di bagian bawah kanal anus, dekat lubang anus. Di area ini, saraf untuk rangsang nyeri cukup banyak. Hemoroid ini terasa gatal dan juga bisa berdarah dan menggumpal di bawah kulit. Ini menimbulkan benjolan yang keras dan menyakitkan.

Klasifikasi Hemoroid

Hemoroid bisa digolongkan lebih jauh lagi tergantung kepada ukuran dan tingkat keparahannya:
  • Tingkat satu: pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus.
  • Tingkat kedua: pembengkakan lebih besar yang keluar dari anus saat Anda buang air besar dan masuk kembali dengan sendiri saat sudah selesai buang air.
  • Tingkat ketiga: satu atau lebih benjolan kecil yang menggantung dari anus dan bisa didorong untuk masuk kembali.
  • Tingkat keempat: benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa didorong kembali.
Jika Anda mengalami gejala hemoroid yang parah, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan wasir yang tepat. Pemeriksaan pendarahan rektum harus dilakukan ketika terjadi. Ini bertujuan agar dokter bisa mengetahui kemungkinan kondisi yang lebih serius.